Tips Bergadang Sehat

Tips Bergadang Sehat
Ilustrasi  : Akibat Terlalu Sering Bergadang

Selamat malam sobat-sobat blogger? kali ini saya akan memposting tentang tips bergadang sehat. Bergadang memang sering kita lakukan ketika melakukan suatu aktivitas, seperti nonton bola, mengerjakan pekerjaan (lembur). Bagi pelajar dan mahasiswa khususnya Jurusan Arsitektur, kegiatan ini memang sudah sangat rutin dilakukan termasuk saya. hehe. Pengalaman pribadi soalnya. Saya punya sedikit tips kepada teman-teman untuk sehat ketika bergadang. Mari kita ulas sedikti tentang apa itu bergadang. Begadang adalah kegiatan tidak tidur pada malam hari untuk melakukan suatu aktivitas. Begadang bisa diisi dengan menonton pertandingan sepakbola, mengerjakan tugas-tugas atau hanya sekedar bermain kartu bersama teman. Begadang memiliki dampak buruk bagi kesehatan karena dengan begadang akan merusak pola tidur kita.
Bahkan dalam salah satu lagunya, penyanyi dangdut Rhoma Irama juga mengatakan jika begadang dapat merusak badan kita. Untuk menghindari semua resiko saat begadang itu, ada baiknya kita melakukan beberapa tips begadang sehat.

1. Tidurlah Saat Siang Hari
Sebelum begadang pada malam hari, ada baiknya kita tidur dulu pada siang harinya. Hal ini berfungsi untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit. Selain itu tidur siang juga berfungsi untuk mengganti waktu tidur pada malam hari yang kita gunakan untuk begadang.

2. Jangan Biarkan Perut Keroncongan
Saat begadang, perut kita akan mudah keroncongan alias kelaparan. Untuk itu kita harus tetap rajin mengkonsumsi makanan saat begadang. Perbanyak karbohidrat untuk mengisi tenaga kita agar siap dalam begadang.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memiliki banyak manfaat. Usahakan untuk meminum air putih secukupnya saat sedang menjalani aktivitas begadang. Air putih memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

4. Lakukan Stretching atau Pemanasan
Sebelum begadang, upayakan untuk melakukan stretching atau olahraga kecil. Hal ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum begadang karena saat begadang, biasanya kita akan jarang menggerakkan tubuh kita yang lelah. Stretching bisa berupa meregangkan tangan, meregangkan kaki, dan lari-lari kecil.

5. Pebanyak Konsumsi Vitamin C
Cobalah untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung vitamin C sebelum begadang. Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tubuh kita karena banyak mengandung anti-oksidan di dalamnya.

6. Jangan Terlalu Sering Begadang
Yang terakhir, kita tidak boleh terlalu sering melakukan begadang. Meski banyak melakukan tips begadang sehat di atas, namun jika begadang dilakukan hampir setiap hari, maka kesehatan kita bisa terganggu secara drastis. Usahakan untuk melakukan begadang maksimal 2-3 kali dalam seminggu.
Itulah beberapa Tips Begadang yang Sehat. Begadang memang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Ada baiknya kita melakukan tips-tips di atas untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan pada tubuh kita.

Demikianlah tips dari saya, semoga bermanfaat. terima kasih...

Related

Wide Shot 1837925169523499735

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Visitors

Flag Counter

Connect Us

item