Tips Memilih Makanan Sehat


Selamat malam sobat-sobat blogger? Kali ini saya mau posting tentang bagaimana cara memilih makanan sehat. Makanan Sehat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karna Makanan sehat adalah syarat mutlak dalam menjalani kehidupan. Apa yang kita makan akan berpengaruh untuk metabolisme tubuh. Maka dari itulah kita perlu makanan sehat. Mari kita simak beberapa tips untuk memilih makanan sehat.
1. Konsumsi Bahan Makanan Kaya Nutrisi.
Agar tubuh anda tetap sehat, maka dibutuhkan 40 jenis nutrisi makanan kaya nutrisi. Satu jenis makanan saja tak cukup untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh kita. Pilihannya adalah anda harus makan makanan yang mencakup karbohidrat seperti padi-padian, buah-buahan, sayur-sayuran segar, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda.
2. Konsumsi Sayur-sayuran
Menurut survey,  tidak banyak orang yang mengkonsumsi sayur-sayuran. Apakah Anda sudah menyantap 1-6 porsi nasi atau sereal, apakah dengan 3 porsi dari jenis yang Anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa Anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? atur kembali pola makan anda secara teratur.
3. Imbangi Berat Badan.
Berat badan yang ideal tergantung pada faktor tertentu, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat berat badan akan menyebabkan tekanan darah Anda akan meningkat, mengundang penyakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tetapi jika  memiliki tubuh yang sangat kurus akan sangat rentan dengan osteoporosis, tidak seimbangnya menstruasi dan  juga masalah kesehatan lainnya. Jadi dengan menjaga berat badan agar seimbang akan sangat mempengaruhi kesehatan.
4. Makanlah dengan Porsi yang Sesuai.
Jika Anda ingin mempertahankan ukuran porsi makan Anda yang masuk akal, lebih mudah untuk menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat. Apa Anda tahu rekomondasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim.
5. Makanlah Secara Teratur.
Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda. Mengkonsumsi cemilan di antara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar, tapi cukup dengan secukupnya saja.
6.Kurangi Porsi Makan.
Kebanyakan orang mengkonsumsi makanan yaitu untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, itu merupakan hal yang layak. Periksa secara detail terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu. Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka, sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Manfaatkan daftar nutrisi dalam label makanan untuk membantu Anda menyesuaikan tipikal pilihan makanan.
7. Sesuaikan Pilihan Makanan Anda.
Tidak semua makanan harus sempurna. Saat Anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah. Jika Anda melewatkan kelompok makanan yang bahannya rendah dalam sehari, sebaiknya perbaiki di hari lain dengan porsi yang rendah.

Related

Wide Shot 7197169926489154292

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Visitors

Flag Counter

Connect Us

item