Karya Arsitektur Kuno

Chand Baori (India) 1.I NDIA a. Chand Baori (India) Chand Baori adalah sumur terkenal terletak di desa dekat Abhaneri Jaipur...

Chand Baori (India)
Chand Baori (India)

1.INDIA
a. Chand Baori (India)
Chand Baori adalah sumur terkenal terletak di desa dekat Abhaneri Jaipur di negara bagian Rajasthan India. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan memiliki 3.500 langkah dengan kedalaman 100 meter. Ini adalah contoh keunggulan arsitektur yang menakjubkan di masa lalu.

b. Gua Ajanta (India)
Gua Ajanta di Maharashtra, India, adalah monumen gua berusia abad ke-2 SM, terdiri dari lukisan dan skulptur yang dianggap sebagai karya besar seni religius Buddha. Ketika dilihat dari luar Gua Ajanta menyerupai area pemukiman yang menempel pada sisi bukit melingkar. Namun, di saat Anda melihat ke dalam, pesona yang terlihat justru ukiran batu manusia dan juga pilar-pilar yang besar layaknya sebuah istana candi. Dengan adanya pembuktian ini, menandakan bahwa kehidupan kuno di India memiliki nilai religi dan karya seni yang tinggi, terlepas pengaruh politik dan ekonomi pemerintah. Gua ini terletak di luar desa Ajinṭhā, distrik Aurangabad, Maharashtra. 

2.CHINA
a. Great wall (China)
Tembok berada di sepanjang Shanhaiguan bagian timur hingga ke Lop Lake bagian barat.  Panjangnya mencapai sekira 8.852.8 km, dengan bentuknya yang memungkinkan wisatawan melihat pemandangan sungai dan perbukitan di sekeliling tembok. Tinggi Tembok Besar China sekira 30 kaki dan lebar 15 kaki. Tembok berada di sepanjang Shanhaiguan bagian timur hingga ke Lop Lake bagian barat. Panjangnya mencapai sekira 8.852.8 km, dengan bentuknya yang memungkinkan wisatawan melihat pemandangan sungai dan perbukitan di sekeliling tembok. Tinggi Tembok Besar China sekira 30 kaki dan lebar 15 kaki. Tembok Besar China dibangun berabad-abad lalu oleh Kaisar Qin Shi Huangdi selama Dinasti Qin pada sekira 221 SM. Tembok ini dibangun sebagai barikade dari penyerang seperti suku-suku nomaden Hsiung Nu yang berasal dari China Utara. Dinding dibangun penduduk yang tinggal di sekitarnya, bersama para tahanan dan tentara. Selama bertahun-tahun, tembok ini telah dimodifikasi dengan penambahan dibuat pada 200 tahun berikutnya, misal meriam dan menara. Bahkan, Kaisar Wudi dari Dinasti Han memberikan kontribusi terhadap pembangunan proyek raksasa ini, mencakup Dunhuang hingga ke Yanze dan dikenal sebagai Lop Nur.
  
b. Istana Terlarang (China)
Selama hampir 500 tahun, dari awal abad ke-15 hingga awal abad ke-20, 24 kaisar Dinasti Ming dan Qing memerintah China dari kompleks istana luas di jantung Beijing. Dibangun mirip sebuah kotak perhiasan dengan lapis demi lapis dinding, Kota Terlarang adalah kediaman kekaisaran yang tertutup,lokasi upacara yang megah, dan juga puncak kesibukan birokrasi china yang luas lagi ruwet.
Tiap detail pada labirin dinding – dinding merah keunguan dan atap-atap kuning sebagai warna kekaisaran membuat istana terlarang sebuah pantulan mandat kedewaan kaisar untuk menjaga harmoni dan hirarki Istana terlarang dibangun pertama kali pada masa raja Yongle, tahun 1406 – 1420. Luas kawasan tanah ini 720.000m2, dengan 980 bangunan dan 8.704 ruangan. Pada tahun 1987 oleh UNESCO, kota terlarang merupakan koleksi terbesar dengan struktur kayu kuno di dunia dan terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia. Tempat ini dulu dikenal dengan sebutan Gu Gong (bekas istana), namun sekarang lebih dikenal dengan istilah “Istana Terlarang” terjemahan dari Zi Jin Cheng.

3. JEPANG
a.  Sanne-Ya (rumah samurai)
Karakteristik Umum Arsitektur
·         Penonjolan karakteristik alamiah bahan kayu: serat, warna, tekstur, bentuk
bulat atau persegi
·         Kesan ringan dan halus
        Kesederhanaan, kejelasan, kejujuran; tanpa ornamen ,logika struktur
        Tidak memiliki sifat kemegahan (sense of grandeur) dan rasa berat (feeling
of weight)
        Menyatu dengan alam: horisontalisme, garis lurus
Ruang
        Tidak dipahami sebagai wujud fisik, tetapi sebagai:
– Rekayasa kompleksitas pengalaman
– Memiliki kualitas “chi” (energi hidup)
        Kebiasaan duduk di lantai 􀃆 langit-langit rendah
        Ruang tanpa perabot 􀃆 harus kosong bila tidak dipergunakan
        Fleksibilitas ruang dengan memaki:
1.       Fusuma (partisi sorong)
2.       Shoji (pintu sorong)
3.       Amado (tirai hujan/rain shutters)
        Sistem modular: Tatami
1.       Kyoma (sistem Kyoto)
2.       Inakama (sistem provincial)

b.      Pit Dwelling
Pit Dwelling (Rumah pada galian tanah, + 60 cm), zaman
Prasejarah , Yõmon

4. KOREA
a.  Bulguksa
Bulguksa atau “Kuil Negeri Buddha” adalah kompleks kuil Buddha yang dibangun pada masa Silla Bersatu pada tahun 751 di kota Gyeongju. Di kuil ini ada beberapa harta berharga milik Korea Selatan, seperti, Seokguram, kuil dalam gua dengan patung Buddha dan ukiran-ukiran dari granit yang sangat indah. Selain itu ada, Pagoda Tabo dan Pagoda Seokga yang berarsitektur khas Silla, serta ruangan-ruangan kuil yang menjadi tempat ibadah. Bulguksa dan Seokguram merupakan Situs Warisan Dunia yang didaftarkan oleh UNESCO pada tahun 1995.

b. Istana Changdeok
Changdeokgung atau “Istana Kebajikan Mulia” dibangun tahun 1405 dan musnah dilalap api pada tahun 1592 akibat serangan Jepang. Istana dibangun kembali tahun 1609. Selama lebih dari 300 tahun, Istana Changdeok adalah pusat kedudukan kerajaan. Istana Changdeok dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997.


Related

Sejarah Perkembangan Arsitektur 310086067432040318

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Visitors

Flag Counter

Connect Us

item