Apa itu pondasi?



Apa itu pondasi? - Selamat siang sobat blogger? Udah lama gak posting ni, gara-gara kesibukan kuliah yang kebanyakan tugas. jadi, break dulu postingannya. hehe. Kali ini di suasana bulan puasa. kali ini saya akan memposting tentang apa itu pondasi. Pasti sobat-sobat sudah pada tahu apa itu pondasi. Pondasi adalah sebuah elemen yang sangat penting pada sebuah bangunan, karena pondasi berfungsi sebagai penahan seluruh beban yang berada diatasnya dan gaya-gaya dari luar. Pemasangannya pun tidak boleh sembarangan. karena pondasi merupakan elemen terpenting dari keseluruhan proses pembangunan selanjutnya. Bila dalam pemasangan pondasi terjadi kesalahan, lama kelamaan bangunan akan tidak akan nyaman untuk dihuni tetapi justru akan menimbulkan sumber masalah .Pada pemasangan pondasi,
Tanah merupakan faktor terpenting karena pondasi terletak ditanah. Pada pondasi tidak boleh terjadi penurunan pondasi setempat ataupun penurunan pondasi melebihi dari batas-batas tertentu, yaitu:
1. bangunan umum penurunan maksimumnya 2,54 cm
2. bangunan pabrik penurunan maksimumnya 3, 81 cm
3. gudang penurunan maksimum 5,08 cm

Pondasi dapat ditentukan oleh berat bangunan dan keadaan Tanah disekitar bangunan tersebut. Sedangkan kedalaman pondasi ditentukan oleh tanah padat yang mendukung pondasi. Pondasi pada tanah miring yang lebih dari 10%, maka pondasi tersebut harus dibuat rata. Jenis pondasi dibagi menjadi 2 yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam.
Pondasi dangkal merupakan pondasi yang digunakan pada kedalaman 0.8 - 1 meter. Karena daya dukung tanah telah memadai. 

Pondasi dangkal mempunyai banyak ragam jenis, diantaranya yaitu:
1. Pondasi Rolag (Pondasi Batu Bata)
Pada mulanya pondasi rolag bata merupakan penompang berat pada bangunan. Namun, pada saat ini, pondasi rolag batu bata telah ditinggalkan. selain harganya yang mahal, pemasangannya juga membutuhkan waktu yang lama dan tidak memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Namun pondasi ini tetap digunakan tetapi untuk menahan beban yang ringan seperti pada teras.
2. Pondasi batu kali
Pondasi batu kali sering kita temui pada bangunan-bangunan rumah tinggal. Pondasi ini masih digunakan, selain kuat pondasi ini pun masih termasuk murah. Bentuknya trapezium dengan ukuran tinggi 60 - 80 cm, lebar pondasi bawah 60 - 80 cm dan lebar pondasi atas 25 - 30 cm.
Bahan lain sebagai sebagai altenatif pengganti pondasi batu kali adalah memanfaatkan bongkaran bekas pondasi tiang pancang (Bore Pile) atau beton bongkaran jalan. Bekas bongkaran tersebut cukup kuat digunakan pondasi, sebab mutu beton yang digunakan adalah mutu K-250 s/d K-300. Permukaannya yang kasar dan tajam mampu mengikat campuran semen dan pasir. Bila dibandingkan dengan pondasi rolag bata, tentu bongkaran bekas beton jauh lebih kuat.
3. Pondasi sumuran
Pondasi sumuran atau cyclop beton menggunakan beton berdiameter 60 - 80 cm dengan kedalaman 1 - 2 meter. Didalamnya dicor beton yang kemudian dicampur dengan batu kali dan sedikit pembesian dibagian atasnya. Pondasi ini masih kurang popular karena banyak kekurangan, diantaranya yaitu boros adukan beton dan ukuran sloofnya harus besar. Maka dari itu pondasi ini kurang diminati untuk digunakan.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu pondasi, untuk pembahasan selanjutnya insyaallah akan saya lanjutkan di postingan selanjutnya. Terima kasih. Wassalam. - Apa itu pondasi?


Related

Teknologi Bahan 7985376794145133381

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Visitors

Flag Counter

Connect Us

item