Biografi Bjarke Ingels

Bjarke Ingels

Bjarke Ingels Affif Maulizar.blogspot.com

Selamat siang sob? Kali ini ane mw posting tentang biografi arsitek ternama yang berasal dari denmark. Pasti udah familiar dengan nama ini. Yah, Bjarke ingels. Arsitek yang satu ini merupakan arsitek yang selalu tampil keren, tidak ingin terlihat monoton, dan nyentrik. Dalam merancang, dia sangat mengekspresikan bangunannya sebagai rancangan yang berbeda dengan bangunan yang berada disekitarnya. Bjarke Ingels pernah bekerja dikonsultan arsitek Rem Koolhas untuk mengasah kemampuannya disana. Pada saat itu, bjarke masih belum menunjukkan karya dan ciri khas unik dari rancangannya.

Kemudian akhirnya bjarke mengundurkan diri dari Rem Koolhas dan mendirikan konsultannya sendiri yaitu BIG (Bjarke Ingels Grup). Sekarang ini, Bjarke merupakan salah satu arsitek muda yang paling disorot dimedia dan sedang naik daun, pasalnya bjarke selalu melahirkan rancangan bangunannya dengan konsep yang berbeda dan Out of the Box dari era sebelumnya.
Bjarke meminang karir di konsultan BIG dari tahun 2006 hingga sekarang dan melahirkan karya-karya yang inovatif dan ambisius. Proyek perancangan dari BIG, banyak menentang konvensi arsitektur tradisional dan dimensi serta fotogenik. Dari sekian karyanya, salah satunya sangat tertarik dengan representasi pergunungan.

Didalam rancangannya, bjarke sering menggambungkan ide-ide yang berkelanjutan dan konsep sosiologis didalamnya, tetapi sering mencoba untuk mencapai keseimbangan antara pendekatan yang bersifat menyenangkan dan praktis untuk arsitektur.

Karya-karyanya seperti Habour Bath (2003) yaitu sebuah kolam terbuka yang berada di Kopenhagen Harbour, dan 3 Project perumahan besar di  Ørestad yang berada diselatan Kopenhagen yaitu VM House (2005) adalah perumahan yang diperuntukan untuk Multi-Family dan VM adalah bentuk dari bangunan apartemennya. Mountain Dwellings (2008), berada berdampingan dengan VM House, rancangan bangunan ini dikombinasikan antara apartemen dan area parkir. Dan yang terakhir 8 House (2010), yaitu pembangunan perumahan Mix-use Building, bangunan ini terinspirasi dari Mountain Path.

Bjarke banyak menerima Penghargaan atas karya-karya, penghargaan yang diraih Bjarke diantaranya:
  1. 2001 and 2003 Henning Larsen Prize
  2. 2002 Nykredit Architecture Prize
  3. 2004 ar+d award for the Maritime Youth House
  4. 2008 World Architecture Festival Award for Best Residential Building (for Mountain Dwellings)
  5. 2009 ULI Award for Excellence (for Mountain Dwellings)
  6. 2004 Golden Lion for best concert hall design, Venice Biennale of Architecture (for Stavanger Concert Hall proposal)
  7. 2009 MIPIM Award for best residential development (for Mountain Dwellings)
  8. 2006 Forum AID Award, Best Building in Scandinavia in 2006 (for VM Houses)
  9. 2010 European Prize for Architecture
  10. 2011 Danish Crown Prince Couple's Culture Prize
  11. 2012 American Institute of Architects Honor Award for 8 House, deemed to elevate the quality of architectural practice
  12. 2007 Mies van der Rohe Award Traveling Exhibition – VM Houses
  13. 2007 Contract World Award for Best Interior (for Sjakket Headquarters)
  14. 2008 Forum AID Award for Best Building in Scandinavia in 2008 (for Mountain Dwellings)

Sekian dulu dari ane sob, semoga bermanfaat. Salam Arsitektur ??!!!  Trims. See Yaa :D

Related

Concept Design 5934534439376366166

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Visitors

Flag Counter

Connect Us

item