Digital Art

Digital Art

drawing on tablet

Selamat siang sob? Kali ini ane mau posting tentang apa apa itu Digital Art. Ane suka banget dengan yang satu ini. Digital art adalah pengolahan seni yang dilakukan secara digital, pengolahan dilakukan dengan perangkat digital antara lain seperti komputer, laptop, tablet, dan juga smartphone. Penggunaan digital art dilakukan dengan software dan juga perangkat tambahan seperti pen tablet, ataupun stylus untuk tablet.
Ada beberapa software yang mendukung digital art diantaranya:
Digital Art Software

  1. Autodesk Sketchbook
Sketchbook merupakan sebuah software yang diproduksi oleh Autodesk untuk para Ilustrator dan juga Designer. Fitur-fitur yang disediakan sangatlah lengkap, dari tersedianya Brush yang merupakan dasar dari software art, tersedianya fitur layer. kemudian rol, rol ukiran, busur, perspektif, simetri, warna tambahan dari Copic Color untuk Marker.
Sketchbook juga tersedia di Tablet dan Smartphone Android serta Apple, yang mempunyai fitur yang sama, namun lebih sedikit.

  1. Corel Painter
Painter merupakan Software yang diproduksi oleh Perusahaan Corel untuk para seniman. Fitur-fitur yang terdapat disoftware diantaranya banyaknya brush seperti Syntetic brush, oil brush, Acrylics, airbrush, Crocoal, chalk, pastel, watercolor, marker dan lain-lain.

  1. Autodesk 3Ds Max
3Ds Max merupakan software modeling ternama yang diproduksi oleh Autodesk untuk para modeling 3D, animator, film maker, visual fx dan juga konsultan arsitektur. Software ini mempunyai fitur yang sangat berlimpah :D serta pengolahan secara advanced dan sangat direkomendasikan buat para profesional dibidang seni.

  1. Corel Draw
Corel draw merupakan software keluaran perusahan Corel yang berfokus pada desain vektor. Software ini sering digunakan untuk pembuatan desain logo, poster/ banner, dan lain-lain. Perusahaan digital printing sering menggunakan software ini sebagai software pokok. Sangat direkomendasikan untuk non komersil dan juga untuk komersil.

  1. Adobe Photoshop
Photoshop merupakan software keluaran Adobe. Inc yang sangat mendukung dan berfokus desain, painting, photography dan lain-lain. Software ini sering digunakan photographer, animator, dan juga seniman. Photoshop memberikan penggunanya fitur yang tidak terbatas untuk menggores karyanya dikanvas

  1. Zbrush
Zbrush merupakan software yang dirilis oleh Pixologic yang berfokus kepada Sclupturing. Software ini sangat berguna untuk para seniman patung, 3d printing dan juga modeling.

Untuk perangkat tambahan pengolahan digital art, ada beberapa perangkat tambahan yan bisa digunakan, diantaranya sebgai berikut:

  1. Pen Tablet
Pen tablet merupakan sebuah perangkat tambahan untuk komputer yang digunakan untuk mengolah digital art. Pen tablet sendiri berbentuk persegi panjang dan dilengkapi dengan tombol-tombol shortcut, dan juga dilengkapi dengan pen ataupun stylus. Ada beberapa perusahaan yang berfokus pada pen tablet ini diantaranya Wacom Co., Huion, Monoprice, Hanvon Co., iball, Kanvus Co., KYE Systems Corp, dan Yiynova. Pen tablet sendiri mempunyai beberapa fitur dasar diantaranya pen pressure. Semakin besar kualitas tekanannya, maka kualitas pen tablet nya semakin baik. Kemudian Fitur Lpi (line per inch), semakin besar kualitasnya semakin baik.

Sekian dulu sob, semoga postingan ane kali ini bermanfaat buat kalian yang hobinya menggambar :D. Terima kasih. See yaa :D



Related

My Sketchbook 6594254183312552999

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Visitors

Flag Counter

Connect Us

item